Pihak yang berperan dalam jasa freight forwarding
Pihak – pihak yang berperan dalam Jasa Freight Forwarding

Jika anda memiliki usaha yang cukup besar dan dimana semua produk – produk anda harus selalu di ekspor ke luar negeri atau harus melakukan pengiriman ke berbagai wilayah / pulau di Indonesia, maka anda pastilah membutuhkan agen jasa yang akan anda gunakan untuk pengiriman ini. Agen jasa yang  anda gunakan untuk pengiriman sebaiknya mempunyai kualitas yang bagus. Salah satu agen jasa pengiriman yang bisa anda gunakan adalah Jasa Freight Forwarding.  Agen ini merupakan sebuah agen pengiriman barang terbesar yang mana banyak melayani pengiriman barang dengan cepat melalui via darat, laut maupun udara.

Agen forwarding ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar yang ada di dalam maupun luar negeri. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kualitas dari agen ini dimana di jamin sangat bagus dan barang – barang yang akan kirimkan akan sampai ke alamat tujuan dalam keadaan baik. Tidak hanya pengiriman saja, agen ini juga melayani pengecekan, pengepakan, pengelompokan, pengurusan dokumen dan juga asuransi tagihan atau biaya selama proses pengiriman berlangsung.

Pihak – pihak yang bekerja sama dengan freight forwarding

Kesuksesan jasa freight forwarding ini dalam pengiriman barang tentu saja tidak bisa dengan sendirinya. Namun agen ini berkerjasama dengan berbagai macam agen – agen yang terlibat dalam proses pengiriman dan berikut ini adalah penjelasanya.

  1. Pemilik barang yang terdiri dari penjual dan pihak pembeli.
  2. pihak stevedone yang mana kalau di Indonesia di sebut dengan perusahaan bongkar muat ( PBM). Tugas dari agen ini adalah untuk melakukan kegiatan memuat dan membongkar barangnya.
  3. Cargo Survevor yang berperan sebagai pemeriksa barang yang akan di kirim di pelabuhan.
  4. Pihak pengangkut barang atau carier juga dokumen muatan.
  5. Bank dan asuransi. Mengapa mereka bekerjasama dengan agen tersebut? Hal ini karena bank/ asuransi ini akan mengurusi terkait dengan masalah dokumentasi dan keamanan barang serta berbagai sistem barang yang terkait.
  6. Berbagai badan instansi pemerintah mulai dari Bea cukai, perdagangan, perhubungan dan sebagainya.

Dalam pengiriman, forwading ini memegang peranan sebagai koordinator pengiriman dengan menggunakan berbagai macam armada pengiriman mulai dari darat, laut, dan udara. Penentuan armada ini disesuaikan dengan jenis, berat dan nilai dari barang yang bersangkutan yang akan di kirim.

Nah, dari berbagai macam penjelasan tersebut sudah sangat jelas sekali bahwa freight forwarding ini merupakan agen jasa yang sangat berperan dalam suatu proses pengiriman yang sangat aman dan terpercaya. Dari pada menggunakan agen jasa yang lain, untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak apalagi sampai ke luar negeri lebih aman menggunakan agen jasa freight forwarding ini karena lebih resmi.

Share your thoughts

share what,s happening in your mind about this post